1.
Sebelum bepergian, sebaiknya panaskan sepeda
motor anda kurang lebih 1-5 menit seblum kendaraan anda jalankan.
2.
Saat berkendara, anda tidak perlu mengubah
kecepatan sepeda motor dari yang cepat langsung mendadak mengerem dan
sebaliknya terlampau sering. Kondisi ekstrem itu bisa memperpendek usia mesin.
3.
Perhatikan kondisi tangki bensin. Jangan sering
membiarkan kondisi bensin dalam keadaan kosong. Oleh karena itu, isilah bensin
secara berkala dan tidak perlu menunggu hingga jarum penunjuk berada di huruf
E.
4.
Gantilah oli transmisi sepeda motor dan mesin
secara berkala. Untuk oli transmisi, maksimal setiap pemakaian 4000 km.
Sementara itu, penggantian oli mesin dilakukan setiap 1000 km.
5.
Kondisi
busi dan aki juga perlu dicek dengan teratur. Dua perangkat itu amat penting
bagi sepeda motor matik, sebagai penyuplai tenaga saat melaju di jalan. Jika
sudah rusak, anda dapat menggantinya dengan yang orisinal.
6.
Jangan lupa untuk rutin memperhatikan kondisi
vent belt dan roller. Bila sudah tidak layak, segeralah ganti dengan yang baru
dan orisinal.
7.
Ruang transmisi pun perlu mendapat perhatian
seksama, karena di bagian ini terdapat banyak komponen transmisi otomatis yang
rentan terhadap kotoran. Untuk itu, anda dapat melakukan pembersihan secara
berkala setiap 4000 km sekali.
8.
Gantilah oli shockbreaker maksimal setiap 10000
km, karena kebanyakan sepeda motor matik memakai single shockbreaker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar