Jumat, 24 Agustus 2012

Tip merawat motor matic


 Saat ini banyak sekali motor matic dari berbagai pabrikan digunakan untuk menunjang keperluan transportasi sehari-hari. Jenis motor ini sangat mudah untuk digunakan, sehingga banyak disukai terutama untuk masyarakat kota besar yang hampir tiap harinya terjadi lalu lintas macet. Tentunya motor tidak hanya digunakan untuk sarana transportasi sehari-hari saja tapi dibutuhkan perawatan rutin agar motor yang kita kendarai aman dan nyaman digunakan. Berikut ini tip merawat motor matic:

1.       Sebelum bepergian, sebaiknya panaskan sepeda motor anda kurang lebih 1-5 menit seblum kendaraan anda  jalankan.
2.       Saat berkendara, anda tidak perlu mengubah kecepatan sepeda motor dari yang cepat langsung mendadak mengerem dan sebaliknya terlampau sering. Kondisi ekstrem itu bisa memperpendek usia mesin.
3.       Perhatikan kondisi tangki bensin. Jangan sering membiarkan kondisi bensin dalam keadaan kosong. Oleh karena itu, isilah bensin secara berkala dan tidak perlu menunggu hingga jarum penunjuk berada di huruf E.
4.       Gantilah oli transmisi sepeda motor dan mesin secara berkala. Untuk oli transmisi, maksimal setiap pemakaian 4000 km. Sementara itu, penggantian oli mesin dilakukan setiap 1000 km.
5.        Kondisi busi dan aki juga perlu dicek dengan teratur. Dua perangkat itu amat penting bagi sepeda motor matik, sebagai penyuplai tenaga saat melaju di jalan. Jika sudah rusak, anda dapat menggantinya dengan yang orisinal.
6.       Jangan lupa untuk rutin memperhatikan kondisi vent belt dan roller. Bila sudah tidak layak, segeralah ganti dengan yang baru dan orisinal.
7.       Ruang transmisi pun perlu mendapat perhatian seksama, karena di bagian ini terdapat banyak komponen transmisi otomatis yang rentan terhadap kotoran. Untuk itu, anda dapat melakukan pembersihan secara berkala setiap 4000 km sekali.
8.       Gantilah oli shockbreaker maksimal setiap 10000 km, karena kebanyakan sepeda motor matik memakai single shockbreaker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar